Gimana sih caranya mengukur kecerdasan seseorang?

IQ, secara teori, sudah cukup menggambarkan seberapa tinggi tingkat kecerdasan seseorang. Dengan IQ, kemampuan seseorang dalam menangkap pelajaran dan kemampuan otak kiri dapat diukur.

Lalu kemudian muncul EQ, yang melibatkan kecerdasan emosi. dan baru-baru ini muncul pula SQ sebagai penyeimbang kehidupan manusia, yaitu spiritual. Teori kecerdasan spiritual sangat masuk akal mengingat semua kehidupan yang kita miliki berasal dari Tuhan, dan hanya akan seimbang bila kita mengembalikan semuanya pada Tuhan pula. Semakin tinggi tingkat IQ, EQ, dan SQ seseorang, dan semakin seimbang korelasi ketiganya, akan semakin baik.

Lalu mengapa SQ begitu penting?

Kecerdasan spiritual menyadarkan kita akan tujuan hidup. dengan begitu kehidupan kita tidak akan melenceng jauh dari tujuannya.

Kekuatan spiritual berpengaruh besar bagi kebanyaka manusia yang mendalaminya.

Misalnya saja, seseorang yang sedang mengalami depresi berat dalam hidupnya, kemudian beribadah dan berdoa dengan khusyuk dan meminta pertolongan pada Tuhannya. Setelah serius menyerahkan diri pada Tuhan, orang itu pun (melalui alam bawah sadar) akan menjadi optimis dan secara ajaib beban hidupnya terasa berkurang.

Bukti kuasa Tuhan dan pengaruh nya pada kecerdasan, adalah: Tuhan selalu memberi cobaan pada manusia. dan untuk bertahan serta sukses menjalani cobaan dari Tuha, manusia dituntut untuk memakai dan mengembangkan segala resource yang mereka punya, dan memaksa mereka menggunakan kreatifitas. Kreatifitas dapat digunakan untuk survive di kehidupan sekarang dan akan menjadi source di masa depan untuk dikembangkan lagi kemudian. dengan arus seperti itu, maka kekreatifan manusia tidak akan berhenti dan terus menembus batasan yang telah ada.

Denagn percaya pada kekuatan yang lebih tinggi dan tidak ada batasnya (Tuhan), manusia akan terus berusaha menggali segala yang mereka punya dengan kreatifitas untuk menjalani hidup yang lebih istimewa setiap harinya.

Iklan