Banyak loh, perusahaan kreatif. Iya dong, kalo nggak kreatif, mereka tidak akan bisa survive. Toyota, MCD, Starbucks dan bahkan Microsoft masih terus mengejar pasar mereka dengan kekreatifan.

Dan bagi saya, perusahaan yang paling kreatif dan menginspirasi adalah Starbucks.

Starbucks berhasil mengubah secangkir kopi menjadi fenomena yang mendunia. Dari anggapan akan “kopi adalah minuman rumahan” menjadi lifestle yang dibanggakan. Starbucks juga percaya diri membangun pasar yang berbeda sehingga memdapatkan pelanggan yang loyal. Sejak saat itulah, banyak merek lain yang berbondong-bondong mengikuti dan terinspirasi dari strategi marketing Starbucks.

Kenapa sih memangnya?

Dulu, perusahaan menjual produk pada pasar yang sudah ada. Namun starbuck justru menciptakan pasar sendiri, dan pasar itu pun kemudian menjadi targrt produk lain yang bermunculan. Dan Starbucks benar-benar mengubah mindset semua orang tentang kopi. Hal inilah yang membuat saya menarik kesimpulan bahwa Starbuck merupakan perusahaan paling kreatif, bahkan bila dibandingkan dengan Microsoft.

Dalam membangun bisnis yang tergolong baru pada waktu itu, perusahaan Starbucks mengalami tantangan terberatnya dengan penolakan masyarakat yang begitu fanatik. Bahkan ada yang menyebarkan surat ber kop Starbucks yang mengumumkan ditutupnya gerai-gerai Starbucks.

Produk lokal juga tidak kalah kreatif looh.

Contohnya Joger dengan kata-kata kreatif yang tidaK pernah habis dan selalu menarik dibaca.. Selsain itu, Joger berpegang teguh pada nilai yang ditanamkan pemiliknya.

Totalitas. Begitulah pandangan saya akan Joger. Joger bahkan membuat ruang belanja yang hanya bisa dilalui dengan pintu yang sangat kecil yang bahkan tingginya tidak mencapai 1 meter. Hal ini tentu saja untuk menghibur para pelanggan dengan ‘value’ Joger yang nggak ada matinya.

Iklan