Dubai merupakan salah satu negara kaya dari Uni Emirat Arab. Pendapatan terbesarnya berasal dari jasa dan hasil tambang. Dengan kekayaan yang melimpah, untung saja, Dubai ‘dikaruniai’ kekreatifan untuk ‘membuang’ uangnya. Dan menurut saya, Dubai merupakan negara yang paling kreatif.

Berikut ini adalah bukti dari kekreatifan Dubai…
Gedung yang dapat berputar dan ramah lingkungan. Gedung ini memiliki turbun angin besar untuk menyediakan energi yang dapat digunakan di dalam gedung itu sendiri. Uniknya, setiap lantai pada gedung ini dapat diputar untuk mendapatkan ‘view’ yang bagus.

Pantai yang sejuk. Dubai memanjakan turis nya dengan membuat pipa penyerap panas di bawah pasir pantai agar tidak panas yang dikendalikan melalui sistem komputer. Dubai juga berencana membuat kipas angin raksasa di pantai tersebut agar turis merasa sejuk walau suhu asli mencapai 45 derajat.
Hotel bawah laut pun merupakan inovasi Dubai. Dubai membangun hotel bawah laut terbesar, dengan 220 kamar yang berbentuk seperti gelembung. (waah, unyu ya). Tamu dimanjakan dengan terowongan sepanjang 515 m dilengkapi dengan kereta untuk melihat keindahan bawah laut.

Ski indoor terbesar terletak di Mall Emirate. Dan luas arena ski indoor ini mencapai 3 kali luas lapangan bola. Waw, bayangkan saja hal-hal yang bisa Anda lakukan disana sambil ber-ski ria. Bahkan di dalam nya terdapat lapangan tennis agar pengunjung memiliki pilihan lain.
Berhubung Dubai tidak unggul dalam bidang pertanian karena kondisi lahannya, Negara dengan kreatifitas yang tinggi membangun sistem pertanian luar biasa yang disebut “vertical farm”. Udara yang masuk ke sistem didinginkan dengan air laut hingga menjadi air untuk menyirami lahan. Namun proyek ini masih dalam tahap pembangunan dan masalah yang paling terlihat adalah harga.

AC Towers merupakan gedung dengan 100 lantai yang di desain sedemikian rupa sehingga udara ruangan berasal dari ruangan yang lain dan udara menjadi sejuk (sekitar 10 derajat C) tanpa AC. Di saat global warming menjadi isu besar, gedung seperti ini pasti menjadi pilihan dan banyak dilirik pecinta lingkungan.

Palm Island. Wah, tempat yang satu ini benar-benar membuktikan kekreatifan Dubai. Bingung dengan uang dan laut yang berlimpah, Dubai langsung saja menguruk tanah di laut dan menjadikannya komplek.

Dengan kekeayaan yang berlimpah itu, masyarakat Dubai tetap berpegang teguh pada nilai moral negara timur, bahkan tidak terpengaruh sedikitpun oleh kebudayaan barat. Masyarakatnya kebanyakan mengenakan jubah panjang dan cadar. Bahkan aparat Dubai pernah menangkap seorang turis yang berpakaian mini di mall, dan turis yang berciuman di sebuah restoran.

Iklan