SCAMPER

SCAMPER merupakan singkatan dari: Substitute, combine, Adapt, Modify, Put Other Purpose, Eliminate, and Rearrange.

SCAMPER ini merupakan salah satu strategi yang kreatif dalam mengembangkan sesuatu (bisa produk, perusahaan, dan lainnya). Nah daripada kebanyakan penjelasan dan teori, mendingan langsung saya aplikasikan saja penggunaan scamper ini…

Kapsul Serbaguna, untuk bencana.

Produk ini diciotakan oleh ilmuwan Rusia, dan kegunaan aslinya adalah untuk melindungi diri ketika kiamat 2012 terjadi. berhubung nggak baik kalo ngomongin kiamat yang sudah diprediksi, dan saya juga nggak percaya, jadi saya menyebutnya sebagai produk serbaguna saat bencana.  Produk ini bisa digunakan sebagai mobil. produk ini bisa digunakan di segala situasi: perairan, banjir, magma gunung, dan tahan banting bahkan dengan kekuatan yang luar biasa, produk ini anti rusak secara body.

Substitute:

Produk ini bisa menggantikan kapal besar yang digambarkan di film 2012 (oke, ini menghayal lagi). pokoknya benda ini bisa menggantikan mobil, rumah, ruang bawah tanah, dan tempat berlindung lainnya. dari pada lari lari dan kebingungan saat terjadi gempa dan gunung meletus, pemilik produk ini bisa dengan santainya hanya masuk ke dalam benda ini, lalu menghindar dengan kecepatan secukupnya, dan tidak perlu khawatir bila kena macet.

Combine:

Produk ini sudah mencakup kebutuhan akan mobil, perahu, bahkan kapal selam.

Adapt:

Bencana yang tidak tahu kapan akan berakhirnya pasti membuat sang pemilik produk tetap merasa aman dalam alat ini. tidak usah khawatir kehabisan oksigen, karena bisa digunakan selama 40 hari tanpa sang pemilik harus keluar dari alat tersebut.

Modify:

Produk ini merupakan modifikasi dari ide mobil terbang.

Put to other use:

Selain untuk berlindung, produk ini juga memungkinkan kita berwisata ke tempat-tempat berbahaya seperti mendaki gunung yang curam tanpa takut masuk jurang dan mobil hancur. karena sekali lagi, produk ini anti pecah.

Eliminate:

Mungkin produk ini akan mengurangi polis asuransi jiwa di masa yang akan datang, karena risiko kematian akibat bencana akan menurun.

Re-arrange:

Dengan produk ini, kita dijamin selamat lah.

 

So, kapsul serbaguna untuk bencana ini sangat recommended buat orang-orang yang tinggal di tempat rawan bencana. disarankan juga untuk petualang yang suka pergi ke tempat-tempat yang aneh, dan nggak mau mobilnya rusak.

Tapi biasa, ada uang ada barang. produk super canggih ini nggak akan mudah didapat. yak! Anda harus membelinya dengan harga Rp 883 juta. worth it lah ya. asal jangan kejauhan aja naro nya terutama ketika ada bencana.

Iklan

Spiritual Creativity

Gimana sih caranya mengukur kecerdasan seseorang?

IQ, secara teori, sudah cukup menggambarkan seberapa tinggi tingkat kecerdasan seseorang. Dengan IQ, kemampuan seseorang dalam menangkap pelajaran dan kemampuan otak kiri dapat diukur.

Lalu kemudian muncul EQ, yang melibatkan kecerdasan emosi. dan baru-baru ini muncul pula SQ sebagai penyeimbang kehidupan manusia, yaitu spiritual. Teori kecerdasan spiritual sangat masuk akal mengingat semua kehidupan yang kita miliki berasal dari Tuhan, dan hanya akan seimbang bila kita mengembalikan semuanya pada Tuhan pula. Semakin tinggi tingkat IQ, EQ, dan SQ seseorang, dan semakin seimbang korelasi ketiganya, akan semakin baik.

Lalu mengapa SQ begitu penting?

Kecerdasan spiritual menyadarkan kita akan tujuan hidup. dengan begitu kehidupan kita tidak akan melenceng jauh dari tujuannya.

Kekuatan spiritual berpengaruh besar bagi kebanyaka manusia yang mendalaminya.

Misalnya saja, seseorang yang sedang mengalami depresi berat dalam hidupnya, kemudian beribadah dan berdoa dengan khusyuk dan meminta pertolongan pada Tuhannya. Setelah serius menyerahkan diri pada Tuhan, orang itu pun (melalui alam bawah sadar) akan menjadi optimis dan secara ajaib beban hidupnya terasa berkurang.

Bukti kuasa Tuhan dan pengaruh nya pada kecerdasan, adalah: Tuhan selalu memberi cobaan pada manusia. dan untuk bertahan serta sukses menjalani cobaan dari Tuha, manusia dituntut untuk memakai dan mengembangkan segala resource yang mereka punya, dan memaksa mereka menggunakan kreatifitas. Kreatifitas dapat digunakan untuk survive di kehidupan sekarang dan akan menjadi source di masa depan untuk dikembangkan lagi kemudian. dengan arus seperti itu, maka kekreatifan manusia tidak akan berhenti dan terus menembus batasan yang telah ada.

Denagn percaya pada kekuatan yang lebih tinggi dan tidak ada batasnya (Tuhan), manusia akan terus berusaha menggali segala yang mereka punya dengan kreatifitas untuk menjalani hidup yang lebih istimewa setiap harinya.

Bisnis Model

salah satu tugas wajib untuk mata kuliah yang saya ambil, Creativity and Innovation yaitu membuat 3 bisnis model dari salah satu stasiun tv, operator telpon, dan situs jejaring sosial. berikut adalah contoh bisnis model yang saya buat:

1.

Axis. Siapa sih yang tidak tahu merek operator hp yang tergolong baru ini?

Beberapa tahun lalu ketika Axis baru diluncurkan, iklan nya saja sudah gila-gilaan dengan promosi dan persaingan iklan yang lumayan tidak sehat, tentu saja, sebagai bentuk perlawanan terhadap merek lain yang bersikap demikian.

Tapi belakangan, Axis mulai lebih menonjolkan iklan nya yang sangat kreatif dan ‘garing’, namun berhasil melekat di hati pemirsa Indonesia.

Berikut adalah bisnis model Axis

2.

E! Entertainment menyajikan acara acara yang mayoritas berupa gosip di dunia perfilman Hollywood. Channel ini bahkan mengekspos kehidupan pribadi beberapa artis hingga dinilai kontroversial. Namun justru ini lah kelebihan E entertainment dibanding saingan bisnis nya. Channel ini juga memiliki hak khusus untuk menyiarkan secara langsung berbagai acara award seperti Grammy Award dan AMA.

3.

Twitter. Ini situs jejaring sosial favorit saya. Informasi yang saya dapat lewat twitter bahkan selalu lebih cepat dari berita di tv, bahkan kadang lebih cepat dari beberapa situs berita. Tapi tentu saja, banyak juga yang hanya rumor belaka dan lebih banyak lagi info yang tidak penting. Sampai sekarang, saya masih bingung tentang bisnis model si twitter ini. tapi menurut analisa saya, ya seperti yang di bawah ini.

Sekian bisnis model yang dapat saya berikan.

Rupanya setelah dilihat-lihat, kok bahasanya campur-campur indo dan Inggris ya? – Yasudahlahyaaaaaaa

Open Innovation, open Business model

Open innovation for Business innovation merupakan model bisnis baru, yaitu perusahaan yang membagi ide produk (inovasi) kepada pasar. Perusahaan akan terlebih dahulu menanyakan pendapat pasar tentang inovasi terbaru perusahaan dan menarik feedback sebanyak-banyaknya.

Karena itulah, pada website perusahaan-perusahaan yang memakai model bisnis ini biasanya ditemukan page bagi public untuk menyatakan pendapatnya. Beberapa perusahaan Indonesia seperti Telkom, dan Kompas bahkan tidak segan-segan untuk menelpon pelanggan secara khusus dan meminta kritik dan saran secara langsung. Dengan begitu, Perusahaan bisa mengerti betul keinginan pasar mereka.

Keuntungan dari model bisnis ini adalah, perusahaan dapat menemukan ide-ide untuk pengembangan produk mereka secara lebih mendalam dan lebih banyak. Open innovation juga dapat mengurangi biaya untuk divisi Research and Development.

Open Business sendiri, merupakan transparansi antar divisi di suatu perusahaan. Model bisnis ini sangat disarankan sehingga timbul kepercayaan antar divisi yang biasanya menimbulkan sense of belonging para pekerja terhadap perusahaan, dan tentunya akan meningkatkan kualitas pekerjaan para pekerja.

Open business juga merupakan suatu usaha perusahaan untuk mendapat kepercayaan masyarakat dan pemegang saham, serta meningkatkan loyalitas pelanggan.

Untuk saat ini, open innovation dan open business model lebih efektif daripada closed innovation, terutama bagi perusahaan IT dan teknologi. Biasanya, pada model bisnis ini, perusahaan belum berencana mendapat profit ketika produk/inovasi diluncurkan dalam waktu dekat. Tapi tentu saja perusahaan telah memprediksi profit yang jauh lebih besar dalam jangka panjang.

Starbucks vs Joger

Banyak loh, perusahaan kreatif. Iya dong, kalo nggak kreatif, mereka tidak akan bisa survive. Toyota, MCD, Starbucks dan bahkan Microsoft masih terus mengejar pasar mereka dengan kekreatifan.

Dan bagi saya, perusahaan yang paling kreatif dan menginspirasi adalah Starbucks.

Starbucks berhasil mengubah secangkir kopi menjadi fenomena yang mendunia. Dari anggapan akan “kopi adalah minuman rumahan” menjadi lifestle yang dibanggakan. Starbucks juga percaya diri membangun pasar yang berbeda sehingga memdapatkan pelanggan yang loyal. Sejak saat itulah, banyak merek lain yang berbondong-bondong mengikuti dan terinspirasi dari strategi marketing Starbucks.

Kenapa sih memangnya?

Dulu, perusahaan menjual produk pada pasar yang sudah ada. Namun starbuck justru menciptakan pasar sendiri, dan pasar itu pun kemudian menjadi targrt produk lain yang bermunculan. Dan Starbucks benar-benar mengubah mindset semua orang tentang kopi. Hal inilah yang membuat saya menarik kesimpulan bahwa Starbuck merupakan perusahaan paling kreatif, bahkan bila dibandingkan dengan Microsoft.

Dalam membangun bisnis yang tergolong baru pada waktu itu, perusahaan Starbucks mengalami tantangan terberatnya dengan penolakan masyarakat yang begitu fanatik. Bahkan ada yang menyebarkan surat ber kop Starbucks yang mengumumkan ditutupnya gerai-gerai Starbucks.

Produk lokal juga tidak kalah kreatif looh.

Contohnya Joger dengan kata-kata kreatif yang tidaK pernah habis dan selalu menarik dibaca.. Selsain itu, Joger berpegang teguh pada nilai yang ditanamkan pemiliknya.

Totalitas. Begitulah pandangan saya akan Joger. Joger bahkan membuat ruang belanja yang hanya bisa dilalui dengan pintu yang sangat kecil yang bahkan tingginya tidak mencapai 1 meter. Hal ini tentu saja untuk menghibur para pelanggan dengan ‘value’ Joger yang nggak ada matinya.

Ngiri sama Negara yang Kreatif

Dubai merupakan salah satu negara kaya dari Uni Emirat Arab. Pendapatan terbesarnya berasal dari jasa dan hasil tambang. Dengan kekayaan yang melimpah, untung saja, Dubai ‘dikaruniai’ kekreatifan untuk ‘membuang’ uangnya. Dan menurut saya, Dubai merupakan negara yang paling kreatif.

Berikut ini adalah bukti dari kekreatifan Dubai…
Gedung yang dapat berputar dan ramah lingkungan. Gedung ini memiliki turbun angin besar untuk menyediakan energi yang dapat digunakan di dalam gedung itu sendiri. Uniknya, setiap lantai pada gedung ini dapat diputar untuk mendapatkan ‘view’ yang bagus.

Pantai yang sejuk. Dubai memanjakan turis nya dengan membuat pipa penyerap panas di bawah pasir pantai agar tidak panas yang dikendalikan melalui sistem komputer. Dubai juga berencana membuat kipas angin raksasa di pantai tersebut agar turis merasa sejuk walau suhu asli mencapai 45 derajat.
Hotel bawah laut pun merupakan inovasi Dubai. Dubai membangun hotel bawah laut terbesar, dengan 220 kamar yang berbentuk seperti gelembung. (waah, unyu ya). Tamu dimanjakan dengan terowongan sepanjang 515 m dilengkapi dengan kereta untuk melihat keindahan bawah laut.

Ski indoor terbesar terletak di Mall Emirate. Dan luas arena ski indoor ini mencapai 3 kali luas lapangan bola. Waw, bayangkan saja hal-hal yang bisa Anda lakukan disana sambil ber-ski ria. Bahkan di dalam nya terdapat lapangan tennis agar pengunjung memiliki pilihan lain.
Berhubung Dubai tidak unggul dalam bidang pertanian karena kondisi lahannya, Negara dengan kreatifitas yang tinggi membangun sistem pertanian luar biasa yang disebut “vertical farm”. Udara yang masuk ke sistem didinginkan dengan air laut hingga menjadi air untuk menyirami lahan. Namun proyek ini masih dalam tahap pembangunan dan masalah yang paling terlihat adalah harga.

AC Towers merupakan gedung dengan 100 lantai yang di desain sedemikian rupa sehingga udara ruangan berasal dari ruangan yang lain dan udara menjadi sejuk (sekitar 10 derajat C) tanpa AC. Di saat global warming menjadi isu besar, gedung seperti ini pasti menjadi pilihan dan banyak dilirik pecinta lingkungan.

Palm Island. Wah, tempat yang satu ini benar-benar membuktikan kekreatifan Dubai. Bingung dengan uang dan laut yang berlimpah, Dubai langsung saja menguruk tanah di laut dan menjadikannya komplek.

Dengan kekeayaan yang berlimpah itu, masyarakat Dubai tetap berpegang teguh pada nilai moral negara timur, bahkan tidak terpengaruh sedikitpun oleh kebudayaan barat. Masyarakatnya kebanyakan mengenakan jubah panjang dan cadar. Bahkan aparat Dubai pernah menangkap seorang turis yang berpakaian mini di mall, dan turis yang berciuman di sebuah restoran.

The most important innovation for my imagination

Dasarnya, saya suka ilmu astronomi dan gelombang, dan saya menyukai hal-hal yang tidak pasti (probabilitas tinggi), dan berimajinasi. Karena itu, Penemuan penting dan paling membuat saya kagum adalah teori relativitas oleh Albert Einstein. Seperti yang diketahui semua orang, teori inilah yang melesatkan nama Einstein dibanding ilmuwan lainnya.

Einstein menemukan bahwa hakikat alam semesta dengan segala keberagaman, kemajemukan, dan segala sistemnya bersifat relatif antara satu dengan yang lainnya, kecuali patokan yang sangat absolut, yaitu kecepatan cahaya. Berat sebuah benda bisa berubah pada tingkat gravitasi yang berbeda. Tapi bahkan, massa benda (yang pada awalnya dianggap mutlak) pun dapat berubah seiring penghitungan mendekati kecepatan cahaya. Juga tentang jam yang berdetak lebih lambat dan proses biologis di tubuh manusia yang lebih lambat dari biasanya bila kita bergerak dengan kecepatan tertentu.

Dosen pernah bilang, katanya “kalo ilmuwan menemukan suatu teori, pasti ada ilmuwan lain yang berpikiran sama”. Emang iya banget sih. Tapi kok kalo dipikir-pikir, sepertinya nggak berlaku bagi temuan Einstein yang satu ini. Pemikiran “segalanya relatif, by Einstein” sangat diluar kemampuan berpikir dan berimajinasi orang rata-rata, bahkan yang jenius. Karena pada waktu itu, semua telah memiliki ukuran yang pasti. Dan menurut saya, kalo Einstein nggak ada, mungkin sekarang pun kita belum menemukan teori itu. Mungkin masih menunggu beberapa puluh tahun lagi sampai akhirnya manusia menemukan teori yang luar biasa.

Nah karena itulah penemuan ini sangat penting. Umat manusia jadi mulai berimajinasi tentang seberapa besar alam ini dengan dimensi ruang dan waktu. Mungkinkah kita pergi menembus waktu, dan apakah dunia ini paralel atau hanya memiliki satu waktu yang terus berjalan.

Lalu bagaimana dengan pemikiran: ada diri kita yang lain di alam semesta lain, yang bahkan kita tidak akan mampu pergi kesana dengan teknologi apapun”, atau “apakah kiamat hanya akan terjadi di alam semesta kita (dimensi ruang dan waktu kita)?”. –oke, pemikiran tersebut hanyalah imajinasi saya setelah mengetahui teori relativitas. Tapi mungkin saja kan?